Gantung Bonggol

December 3, 2007 at 6:23 pm | Posted in Diskusi | 6 Comments

Gantung Bonggol

 

fauzi salman fauzi76@gmail.com

 Dear rekans, 

Kmrn nengok obesum saya yg daunnya pd rontok, akhirnya penasaransaya cabut dr media, ternyata bonggol mulai terserang busuk.Sekarang nasibnya sdg digantung (as attached pictures). Saya mau tanya ke rekans semua,

apa yg selanjutnya hrs dilakukan stlh bonggol saya gantung?
Apakah ada treatment khusus utk memulihkan kondisi bonggol?
Dan kira2 sampai brp lama baru bisa ditanam kembali? 

jabat erat,
fauzi

 Sony Wicaksono caksony.w@gmail.com 

Mas oji si “Juragan Arab”
Kalau sy ada busuk akar or bonggol biasanya yg saya lakukan :
1.       amputasi dulu yg busuk, sampek noda2 coklat (akibat busuk) ilang
2.       periksa kembali sekeliling bonggol atau akar mungkin ada yg terserang lagi
3.       cuci bersih bonggolnya dan angin2 kan sampai kering
4.       beri fungisida or bawang putih di sekeliling bonggol yg teramputasi
5.       gantung selama +/- 3 minggu
6.       setelah kering dan kelihatan tidak menjalar lagi saya olesi perasang akar (saya menggunakan Merk Stone) dan saya biarkan lagi 1 hari baru ditanam.
7.       Jangan lupa prunning daunnya untuk mengurangi penguapan
8.       SELAMAT MENCOBA “nek gagal yo nasibmu le” hehehehehe…….. 

Sony Wicaksono 

one krisnata [krisnata@gmail.com]

 Pak Fauzi, sy pernah menggantung bonggol sampai 2 bulan. waktu itu bukan busuk tapi ingin merubah susunan akar. trus sy tanam biasa saja. setelah 2 bln akar cukup lemas dan bisa di bentuk susunannya.setelah di gantung, Bonggol akan ciut dan itu wajar. Padawaktu penanaman pertama berikan air yg cukup.Sekarang pohon dah normal. Perlakuan utk obessum, arabicum, dll sama. 

Kris 

 Bambang Djatmiko djatmiko@e-kgs.com 

Mas Fauzi,Untuk treatment selama di tiang gantungan, mungkin para pakar disini lebih ahli…Foto adalah hasil gantungan bonggol obesum selama 1,5 bulan.
Tanpa treatment apa-apa selain spray dengan air seingetnya aja.Setelah kerut2 di bonggol terbentuk, baru saya pikirkan mau dibentuk apa.Setelah potong disana-sini, gantung lagi 2 minggu.Total tergantung kira-kira jadi 2 bulan.   

Salam. 
Bambang Djatmiko

“Bisa minta tolong cara membentuk kepala?” 

Hendry Terok <hendryt@nhm.co.id>

Bro Kris/rekans yang laen,Sehubungan dengan penciutan bonggol pada waktu kita gantung dengan tujuan menghentian pembusukan akar ato training pembentukan akar, apakah bonggol tersebut bisa kembali seperti biasa kalo tanam tidak tertutup media, soalnya saya sebelumnya punya masalah sama dengan
Bro Fauzy, sudah saya tanam lagi setelah digantung sekitar 3 minggu. Pertumbuhan sudah mulai jalan ditandai dengan tumbuhnya daun muda dan keluarnya akar2 halus, Cuma bonggolnya masih mengkerut dan lembek.
 

Untuk kasus lainnya bonggol yang busuk saya gantung sampai kering lukanya, setelah gantung 3 minggu dan mengkerut, saya tanam lagi dengan tertutup media bonggol bisa kembali normal seperti sebelum digantung. 

Mohon pendapat dari yang ahli… 

Cheers
Hendry 

one krisnata krisnata@gmail.com 

Mas hendry, Selama ini yg saya alami bonggol kembali gendut dlm waktu 2- 4 minggu setelah di gantung.
Kalo saya punya kebiasaan menanam Adenium dengan kondisi :  

1. pot banyak lubang ( ditambah dari pot normal )
2. media sangat poros ( di lebihin pasir malang )
3. menyiram setiap hari ( kalau sy sore )
4. pupuk Non Kimia ( pupuk Kandang )
5. Aerasi ( lubang samping pot)
6. Obat hama rutin setiap bulan 

seperti apakah kondisi poros ?  simple, bila anda siram pagi hari dan waktu sore media (dalamnya ) udah kering berarti media dan pot cocok utk adenium. (teory sy lho)  

Hendry Terok <hendryt@nhm.co.id>

Thanks a lot atas penjelasannya Bro Kris

Cheers
Hendry   

6 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Dear all,

    mau tanya, bonggol adenium saya (jenis taiwan dan red blood) hari ini agak lembek, dan waktu saya cek ternyata lembek nya ada yg sudah sampe akar namun belum kopong / hancur, baru lembek dan agak kecoklatan, padahal media tidak terlalu basah.
    ada bisa tolong kasih tau cara meneyelamatkan nya ?
    apakah saya perlu anggkat dari media, atau di gantung, atau dibiarkan dalam media ??

    thx alot,
    Veronica

  2. Dear all,

    bongol adenium saya juga kalau dipencet terasa lembeg, tapi setelah saya angkat dari media tidak terlihat tanda2 busuk. Sekarang sudah saya gantung… apakah langkahnya sudah benar? Berapa lama digantungnya? Setelah itu apa yach yang harus saya lakukan? Thanks.

    Angel

  3. coba bantu jawab yah, mohon maaf kalo salah, kalo menurut sy sebaiknya di angkat aja dari media, cek akar yg busuk (coklat n lembek2) dipotong trus olesin fungisida dan kapur sirih, lalu gantung hingga kering baru tanam lagi dan siram

  4. halo,
    mo nanya nih, adenium saya setelah berbunga banyak kok daunnya jadi rontok ya? itu sesuatu yg normal apa ga? soalnya ada dua pohon adenium saya yg seperti itu.

    makasi..

  5. daon rontok stlah brbunga byk kykny sc wajar aja.. q biasany ksh vit b1. trs daonny pst kluar lage..

  6. Permisi saya mau tanya… Saya baru mulai menyukai adenium kurang lebih 3-4 bln terakhir. Saya mau tanya gimana cara grafting yg baik dan benar. Soalnya sudah belasan ademium saya protol semua (tinggal bonggol doang) karena gagal grafting. Saya sudah mengikuti semua prosedur yang saya dpt hasil browsing internet. Kenapa kok graftingan saya selalu busuk? Apa ada obat2an tertentu yg diberikan supaya graftingan tidak busuk? setelah batang dipotong, apa langsung di sambung atau didiamkan dahulu?. Terimakasih.


Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.