Membasmi semut dan telurnya pada media adenium

December 6, 2008 at 8:42 pm | Posted in Uncategorized | 7 Comments
Tags: ,

Kemarin waktu repoting seedling arab, di media bagian bawah, ada semut
dan semacamnya yang bersayap, tapi bukan rayap, beserta telurnya.
Kenapa ya mereka suka di median adenium ( media yang saya pakai :
sekam bakar: pasir malang:pupuk tahi kambing :dolomit )
1. Apakah hewan beserta telurnya ini bisa mengganggu adenium?
2. Bagaimana cara mengatasinya ? obat apakah yang ampuh mengatasi tapi
aman bagi adenium.
Atas saran dan petunjuk nya saya ucapkan terima kasih.
Salam
jokowir

7 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Menurut pengalaman saya, kalau dibagian dasar dikasih gabus sering buat sarang semut mungkin krn rongganya banyak. Sejak saat ini saya udah tinggalkan tuh gabus biang semut dan pakai cacahan pakis kasar tipis dibawah. Semut itu biangnya rootmealy bugs yg bisa bikin bonggol dan akar busuk, waspada saja kalo pake furadan biasanya gak mempan krn tuh semut ngumpet di bawah.

    Just sharing….

    Saptono

  2. Bener om, selama ini saya pake gabus dibawahnya..trims
    Klo pake obat, apa ya jenis/merk/cara penggunaan?
    Karena klo harus di bongkar gabusnya, capek om
    salam
    Jokowir

  3. kenapa gak direndam aja dibaskom besar yg diisi air yg telah terlarut insektisida atau sejenisnya… ditanggung itu semut dan telur telurnya mati semua…

    salam,

    fendi, Sunter

  4. Insektisida nya apa dan cara pemakaian/dosis om?
    Takutnya ntar berpengaruh ke adenium nya( takut jadi dormant atau
    malah mati)
    Salam

  5. kalo yg biasa saya pake merk curacron, bau busuk yg tajam adalah ciri khasnya…
    cara aplikasinya… sedia baskom 25″, isi air hingga 1/3nya, larutkan npk biru seimbang (kalo bisa yg plus TE), aduk hingga rata. tambahkan curacron (nah kalo yg ini aku gak pernah takar… sudah mabok duluan saat buka tutupnya, cuma dituangkan kira kira 1,5 tutupnya. aduk hingga air menjadi warna susu (aduknya pake gayung kecil yg khusus disediakan untuk ini), siap untuk berendam… eh merendam….
    masukan pot yg akan direndam ke tengah baskom, guyur/isi sedikit demi sedikit pot dengan larutan menggunakan gayung kecil hingga pot bisa berdiri diam (tidak ngambang lagi). Remdam minimal 2 – 3 jam… dijamin, semut, root meally bug, cacing, nematoda dkk pada mampus semua… hati hati, kalo keminum orangnya juga bisa mampus…

    salam,

    fendi, Sunter

  6. kalau saya biasanya pake kapur ajaib merk bagus.

  7. Kalau jumlah adeniumnya sedikit saya setuju direndam di curacron atau insektisida lain atau kita ganti medianya dengan media baru tetapi kalau rootmaealy bugs sudah menyerang seluruh adenium yang jumlahnya mencapai 12.000 pot bagaimana ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: