Repotting & prunning

December 22, 2008 at 8:18 am | Posted in Diskusi | 6 Comments
Tags:

salam,

numpang nanya lagi nih rekan – rekan :
1. bolehkah repotting dan prunning daun dilakukan dalam 1 hari yang sama? jika boleh, perawatan seperti apa yang harus dilakukan ( before & after )
2. setelah dilakukan repotting, bolehkah diletakkan di tempat yang kena matahari tidak full, sekitar 2 jam?
3. Selain B1 & Atonik, adakah pupuk / hormon lain yg berfungsi untuk anti stres dan mempercepat pertumbuhan akar?
4. untuk seedling yang berusia 3 – 4 bulan, kira2 1 jari tengah orang dewasa, bolehkah dilakukan repotting? karena medianya saat ini berlumut ( terakhir repotting 2 bulan yang lalu ).
5. media yang akan saya pakai untuk pot diameter 20 cm untuk bonggol A & B : pasir malang + sekam basar + 1 genggam pupuk kompos bambu + 1 sdm guano + 10 butir dekastar coklat, apakah sudah cukup?
6. 2 minggu terakhir saya menggunakan air cucian beras seminggu 3x untuk menyirami adenium dan hasilnya kuncup2 daun adenium yang tadinya gundul mulai bermunculan. Mohon info kandungan apa saja yang ada di air cucian beras dan mengapa jauh lebih berkhasiat daripada B1?

mohon bantuan dari rekan – rekan.

terima kasih,

iwan yudianto

Bekicot di media

December 15, 2008 at 11:43 pm | Posted in Uncategorized | 1 Comment
Tags:

dear all,

mohon bantuannya. tadi pagi saya melihat banyak siput / bekicot kecil-kecil berwarna putih di sekeliling media. bagaimana menanganinya ?

makasih banyak atas responnya,
salam
dody

Membasmi semut dan telurnya pada media adenium

December 6, 2008 at 8:42 pm | Posted in Uncategorized | 7 Comments
Tags: ,

Kemarin waktu repoting seedling arab, di media bagian bawah, ada semut
dan semacamnya yang bersayap, tapi bukan rayap, beserta telurnya.
Kenapa ya mereka suka di median adenium ( media yang saya pakai :
sekam bakar: pasir malang:pupuk tahi kambing :dolomit )
1. Apakah hewan beserta telurnya ini bisa mengganggu adenium?
2. Bagaimana cara mengatasinya ? obat apakah yang ampuh mengatasi tapi
aman bagi adenium.
Atas saran dan petunjuk nya saya ucapkan terima kasih.
Salam
jokowir

Auction for Charity

November 30, 2008 at 5:33 pm | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Auction for Charity

Salam Adenium.

Pak Moderator, Owner milis, dan rekan2 semua, mohon ijin untuk menyampaikan rencana lelang klangenan (khususnya adenium).

Seperti telah dimufakatkan beberapa rekan di chat room, dengan koordinator Pak Fendy Saliem, saya bermaksud melakukan lelang terbuka. Hasil lelang atas penjualan barang lelang, seluruhnya akan disumbangkan untuk membantu kesembuhan bagi ibunda salah seorang anggota milis yg sedang sakit.

Mohon maaf nama penerima sumbangan sementara ini masih disembunyikan (silahkan bisik2, atau ditanyakan via japri)

Saat ini, Pak FS Liem sedang mempersiapkan foto barang lelangan. Sementara pelaksanaannya sendiri akan dimulai hari jumat 21 Nopember 2007 sampai dengan batas waktu yg belum ditentukan.

So, silahkan bapak2 dan ibu2, sodara-sodari, jangan alihkan perhatian Anda dari berita di milis ini selanjutnya. Kesempatan untuk menambah barang koleksi sangat terbuka, sekaligus ditambah bonus pahala atas sumbangan dari dana Anda yang masuk ke kantong kas dan selanjutnya diteruskan kepada yang berhak menerima.

Lelang ini bersifat terbuka, siapapun boleh melakukan bid (penawaran beli), boleh juga balap2an harga secara fair.

Desicion Maker atas pemenang lelang, dilakukan oleh pemilik barang (suhu Fendy).

Bagi pemenang lelang, diharuskan menyetor dana hasil lelang berikut ongkos kirim ke rekening BCA atas nama MURJITO, rekening 107xxxxxxxx. Barang yg akan dilelang nantinya, tidak terbatas pada adenium milik FS Liem, namun sangat terbuka bagi member lain yg ingin melelangkan klangenannya, namun dengan syarat: foto harus dikirim terlebih dulu kepada saya melalui email jatmiko.bambang@gmail.com

Sedangkan seluruh dana hasil lelang juga diharuskan untuk tujuan penggalangan dana bantuan pengobatan. Maksud dan tujuan dikirimnya foto kepada saya, adalah untuk mengatur skedul kapan pohon tersebut harus dilelang.

Bagi member yang tidak ingin menambah barang koleksi, juga terbuka untuk langsung memberikan sumbangan, dengan cara mentransfer langsung ke rekening bapak Murjito.

Proses lelang ini tertutup bagi yang ingin menjual adenium dan lain2nya dengan tujuan penjualan murni, karena seluruh dana lelang akan diserahkan kepada yang berhak menerima sumbangan.

Sebelum pelaksanaan lelang, sangat terbuka bagi rekan2 untuk menyampaikan sumbang saran, setuju atau penolakan terhadap tatacara lelang.

Demikian saya sampaikan. Kami sangat mengharapkan partisipasi Bapak2 dan Ibu2 serta seluruh rekan, baik sumbangan pikiran maupun sumbangan dana/barang lelang.

salam

Bambang Jatmiko, Suhu Fendy, Murjito

Adenium Problems

November 26, 2008 at 11:36 pm | Posted in Artikel, Tips & Trick | Leave a comment

Adenium Problems

Adeniums themselves are cooperative in sending out distress signals. Unlike many of us who tend them, adeniums neither exaggerate nor find cause to disguise their symptoms.

When an adenium is in trouble, it indicates clearly that something is wrong; growth may be slower than normal; buds and flowers may be lesser or fail to appear or to develop properly; leaves, branches and stems may be discolored or wilted. But an adenium can convey only these and a few other simplistic symptoms-and the symptoms can indicate some different pest and disease problems.

No one likes to lose an adenium because of diseases or pests and frequent inspections may nip potential trouble in the bud. To help protect your adeniums, an album “Adenium Problems” is uploaded in my webshots link and many more yet to be published.

You can click at this link http://community.webshots.com/user/nrsundaram and solve your adenium problems.

Thank you.

NR.Sundaram.
Benadeniums,  Nachalur-639110, Tamilnadu, India.
PH +914323246237  Fax +914323246238  Mobile +919443179208
nrsundaram@gmail.com
http://community.webshots.com/user/nrsundaram
http://community.webshots.com/user/nrsadeniums
http://community.webshots.com/user/plumerianrsundaram

Mistifikasi harga?

November 26, 2008 at 11:34 pm | Posted in Diskusi | 4 Comments

 Mistifikasi harga?

Rekans,
Dalam pengamatan aku — yang dangkal ini — mengenai trend aden, sepertinya jenis arabicum hibrid dan TS akan menjadi trend. Terutama jenis yang telah telah disebutkan Om Hartono di bawah ini.

Tak dapat dimungkiri bahwa secara objektif — karakter dan bentuk yang melekat pada pohon —  jenis TS memang bisa dikatakan  indah dibandingkan jenis yang lain.

Dengan kecenderungan animo masyarakat (pnghobi, penikmat, penjual dan penggembira) adenium yang cenderung mengarah ke arab hibrid dan TS ini, ada indikasi harga aden jenis ini — sedikit banyak —  akan melambung.

Pertanyaanku: akankah harga arab hibrid dan terutama TS ini akan mengalami “mistifikasi harga” sebagaimana yang pernah terjadi pada anthurium?  Mistifikasi harga yang aku maksudkan di sini adalah harga yang seperti digelembungkan — atau istilah KOMPAS — harga yang telah “digoreng”  sehingga harga tersebut seolah “tidak wajar” dan melampaui “akal sehat” masyarakat.

Mohon maaf bila pertanyaanku pernah dibahas sebelumnya atau ini terlalu remeh untuk dibahas dengan serius.

Salam,
Wildan Pramudya

GC Sekali Lagi

November 26, 2008 at 11:32 pm | Posted in Artikel | 13 Comments

GC Sekali Lagi

Membicarakan adenium memang sangat menarik dan tiada matinya.
Arabicum dan Thaisoco sedang menjadi hot topic dimana-mana, termasuk di Thailand sendiri.
Salah satu yang paling kontroversial adalah masalah Golden Crown.
Perlu sekali lagi saya utarakan apa yang saya ketahui dari beberapa sumber utamanya langsung.
Ada beberapa versi tentang GC dinegara asalnya.
 
1. NSD nursery meng-klaim mereka memiliki indukan TS yang sangt menyimpang dari TS yang ada sebelumnya dan menamakannya Golden Crown.
2. Ada nursery lain yang mengidentikkan GC = Kao Hin Zon, silahkan cek dan wawancara sendiri dengan pemiliknya di : http://www.adeniumthai.com/eng/product_eng.htm ( baca bagian bawah ) dan http://www.adeniumthai.com/eng/adenium_seedling_kao_hin_zon.html saya melihat barang2 semacam ini juga sudah beredar di Indonesia.
Sy pernah wawancara via email dg pemiliknya, mereka menyeleksi seedling dari biji KHZ, yg cabangnya cenderung vertikal dilabel Diamond Crown, sedangkan yg cenderung horizontal dilabel KHZ = Golgen Crown!! ( apa nggak tambah bingung? ).
3. Ada juga pedagang yang tidak tahu asal-usul dari biji pohon apa, tetapi mengumpulkan pohon2 yang dikira2 sesuai dg karakter GC dan berani menjual dg label GC, yg begini jelas2 tidak bisa dipercaya dan beritikad kurang baik.
Versi manakah yang mau dianut, silahkan menentukan pilihan masing2, bebazzz baaaazzzz.
 
Satu pertanyaan lagi apakah semua biji hasil semaian dari indukan GC 100% dijual dg label GC bersertifikat? Saya belum bisa menjawab karena belum menanyakannya. Tetapi perasaan saya mengatakan YA! Apa seedling dari NSD mempunyai ciri yg 100% identik? TIDAK!!
Bagi saya seedling yang 80 % mirip ciri induknya sudah sy anggap klas 1, kalau ada yang menuntut 100% sama induknya sebaiknya mengajak Prof. Novi main2 ke NSD, bawa Victorinox, kalau pemilik lengah potong dikit ranting indukannya, tunggu beberapa bulan, akan didapatkan keturunan yang identik hasil kuljarnya.
 
Dari seedling GC yg pernah saya dapet, ada 1 pohon yang menyimpang cukup parah dari induknya. meskipun arah cabang masih cenderung horizontal.
Saya sangat memahami bila ada yang tidak sependapat dengan saya tentang tetek bengek GC ini, saya pikir SAH – SAH saja pendapatnya, dan saya sangat menghargai perbedaan itu.
Sebenarnya sudah beberapa kali saya posting gambar2 induk GC milik NSD dan pny saya ygtersisa.
Terpaksa saya posting lagi, sekalian bila ada yang minat membeli dg harga tinggiiiiii .
Perhatikan perbedaannya dengan gambar2 GC dari Link Thailand diatas.
 
Salam damai sejahtera
 
Hartono
 

Somalense 2 warna

November 21, 2008 at 4:17 am | Posted in Adenium Spesies | Leave a comment

Somalense 2 warna
Oleh: Bpk. Hartono

Setelah beberapa bulan menunggu kemarin baru bisa lega.
Somalense yang diambil dari Thailand dan sempat bosok 1 akarnya akhirnya mau berbunga.
Beberapa bulan ini yang keluar cuma yang berwarna pink, kemarin batang tengah ( as ) mengeluarkan bunga warna putih.

somalense-two-colour1

somalense-two-colour

somalense-white-copy

somalense-pink-copy

Somalense bunga putih masih cukup sedikit yang mengoleksi, di Thailand graftingan somalense bunga putih masih laku dijual. Pohon yang saya beli ini lebih unik lagi, semua batang mengeluarkan bunga warna pink seperti umumnya, hanya satu batang yang kebetulan ditengah ( AS ) bunganya berwarna putih.
Lumayan, bisa buat aneh-anehan….ada yang punya seperti ini nggak ya?

Salam

Hartono

Adenium Juara Kontes

November 18, 2008 at 6:05 am | Posted in Diskusi | 1 Comment
Adenium Juara Kontes

ady write:


Arabicum Juara IIIArabicum Juara III

Salam jiper…. (kalau super itu hak patennya M. Teguh… takut dituntut kalok tak pake…)

Wak wik, Om Im, Bulek Tante, Yang Kung, Yang Ti, Pak Buk…
mohon nanya lagi…
saya bolak-balik mentelengi gambar juara 3 arabicum kelas A yang kmarin di Sby itu
tak lihat koq ini arab memang bekas pruning dan baru numbuh cabang di bekas pruning batangnya… (mohon maaf kalau salah…)

yang jadi bikin bingung, sebenarnya, kalau menurut Anda, atau bahkan menurut rekan-rekan yang biasa main kontes, nilai dan persepsi (apa adanya) seperti apakah terhadap arabicum ini…
Misal opo performen-e, ato apane lah… pokoknya sing terkait sama pakem-pakem nilai penjurian di kontes…

Sing jelas…. arab ini uapik poooll… mangkanya sampe ndak kuat membelinya.. . hiks….

Terima kasih matur tengkiu atas respon yang AKAN diberikan… hehehe…

Salam.
-ady-
*yg lagi belajar terus tapi gak lulus-lulus. …

Hartono Hartono write:
Maaf Mas Ady, saya kurang begitu jelas dgn maksud pertanyaannya.
Saya komentari dari pendapat pribadi saja ya.
Arabicum pada gambar tersebut masuk kelas Arabicum non RCN ukuran 30 cm kebawah.
Kalau dilihat sepintas mestinya jenis PNW, umur sekitar 1,5 – 2 thn.

Tidak mudah bagi arabicum non RCN ukuran 30 cm kebawah mengeluarkan cabang2 / anak cabang sampai ke ranting dg bagus. Umumnya arabicum Non RCN umur segitu hanya tumbuh beberapa / banyak batang dari caudexnya, mungkin 1 -2 mampu mengeluarkan cabang – anak cabang, tetapi hampir mustahil bisa rata mengeluarkan cabang pada semua batangnya.
Untuk mengakalinya mesti dilakukan pemotongan pada batang2 utamanya. Demikian pula nantinya untuk mendapatkan anak cabang / cucu cabang dst.

Pada gambar juara 3 tsb pemotongan batang cukup rapi, kondisi kesehatan tampak prima, bentuk kaki2nya lumayan, nilai tambahnya sudah keluar bunga, secara keseluruhan arabicum tsb cukup layak untuk disebut bagus dilihat dari ukuran dan umurnya yang masih sangat muda, tidak mudah mendapatkan arabicum ideal pada umur tsb.

Sangat banyak faktor yg mempengaruhi sebatang pohon bisa menjadi juara, juga banyak kontroversi dibalik itu. Jadi, tidak bisa kita memperbincangkan layak / tidaknya satu pohon juara pada suatu kontes tanpa melihat seluruh kompetitornya.

Ada orang yg berani beli mahal untuk 1 pohon juara, tetapi saya sendiri gak terlalu peduli pohon saya kalah / tidak mendapatkan juara pada suatu kontes. Karena menurut saya tidak semua pohon bagus bisa juara pada setiap kontes!! Dan satu pohon juara belum tentu pohon yang bagus untuk orang yg lain! Berhati-hatilah untuk membedakannya, jangan asal pohon juara dibeli dengan harga mahal.
Tapi setiap pohon bagus sudah selayaknya mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Kalau masih bingung bisa baca pelan2 dan berkali2 apa yg sudah sy tulis, moga2 akan mengerti apa yang saya maksud.
Ini pendapat pribadi lho Mas, bukan merupakan keharusan untuk disetujui / diikuti.
Salam

Hartono

Tentang Adenium Unik

November 18, 2008 at 5:44 am | Posted in Diskusi | 1 Comment
Tags:

Tentang Adenium Unik
oleh Bpk. Wildan Pramudya

Rekans,
Sekedar untuk diskusi.

Ada buku yang berjudul adenium unik yang sudah terjual di Gramedia.  Dan mengenai ini sudah jamak dibahas di Trubus atau di tabloid lainnya. Kategori aden unik — kalau tidak keliru — ada dua: unik kreasi dan unik alami. Beberapa bentuk yang kerap ditampilkan berbentuk buaya (pake diukir lagi), kura-kura, monyet, cerutu dsb. Pertanyaan saya, mengapa adenium semacam itu disebut unik? Apa tidak salah kaprah tuh?

Menurut saya, sesuatu yang disebut unik itu adalah ketika ia absolutly different among others (sungguh-sungguh berbeda dengan yang ada lainnya). Nah ketika ada aden yang mirip buaya, kura-2 atau lainnya aku kira tidak bisa disebut unik, karena ia mirip atau dimiripkan dengan sesuatu. Sehingga sebuah adenium disebut unik jika benar-benar tidak ada duanya. Artinya, tidak bisa dimiripkan dengan yang lain.

Demikian,

Salam
WP
www.widjithoekoel.multiply.com

Next Page »

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.