Tentang Adenium Unik

November 18, 2008 at 5:44 am | Posted in Diskusi | 1 Comment
Tags:

Tentang Adenium Unik
oleh Bpk. Wildan Pramudya

Rekans,
Sekedar untuk diskusi.

Ada buku yang berjudul adenium unik yang sudah terjual di Gramedia.  Dan mengenai ini sudah jamak dibahas di Trubus atau di tabloid lainnya. Kategori aden unik — kalau tidak keliru — ada dua: unik kreasi dan unik alami. Beberapa bentuk yang kerap ditampilkan berbentuk buaya (pake diukir lagi), kura-kura, monyet, cerutu dsb. Pertanyaan saya, mengapa adenium semacam itu disebut unik? Apa tidak salah kaprah tuh?

Menurut saya, sesuatu yang disebut unik itu adalah ketika ia absolutly different among others (sungguh-sungguh berbeda dengan yang ada lainnya). Nah ketika ada aden yang mirip buaya, kura-2 atau lainnya aku kira tidak bisa disebut unik, karena ia mirip atau dimiripkan dengan sesuatu. Sehingga sebuah adenium disebut unik jika benar-benar tidak ada duanya. Artinya, tidak bisa dimiripkan dengan yang lain.

Demikian,

Salam
WP
www.widjithoekoel.multiply.com

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. maaf bapak kalau blh meluruskan.Dalam kontes ade kelas unik(dulu kelas unik dan antik)bukan hanya 2 kelas tapi ada 3 kelas yaitu unik alami,unik kreasi dan unik harmoni tetapi panitia kontes hanya menyedikan 2 kelas.Dalam kontes nasional ada 3 area yang berbeda dlm pandangan tentang unik.Utk wilayah barat(jakarta) unik biasanya dilihat karna hal-hal mutasi(kristata,akar emas pohon kembar/dampit dll).untuk wilayah tengah Jateng dan Jatim unik dipandang sebagai hal-hal yang menyerupai…dan untuk wilayah timur(bali) unik diterima sebagai hal-hal utk penyampaian pesan(tanaman dgn tema dicokot nyokot).Saat menyusun konsep tentang kelas kontes unik byk alasan-2 yg kita pertimbangkan.Mungkin yang bapak maksud tentang benda yg tdk ada 2 nya bukan benda unik tapi antik.Dari hal itulah krlas kontes yg dulunya antik dan unik berubah kelas unik.maaf kalau tulisan ini salah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: