Mitos 2: Penyebab Mutasi

December 3, 2007 at 6:15 pm | Posted in Mitos2 dalam Berkebun | 1 Comment

Mitos 2: Penyebab Mutasi

Sulastama Raharja sr4harj4@yahoo.com
Rekans,
Ada beberapa hal yang menurut saya masih mitos dalam mutasi bunga. Ada yang menyebut bunga bermutasi karena pengaruh bonggol bawah, ada yang bermutasi karena penyiraman zat2 tertentu semacam kunyit, ada yang bermutasi karena radiasi dan ada yang bermutasi karena virus.
Mohon pencerahannya mana yang sekedar mitos, dan mana yang benar-benar menyebabkan mutasi?
Terima kasih,
Salam,
tomo
Anas fuad_anas@yahoo.com

dulu pernah ngobrol dengan penyilang adenium di solo pak ..pak waluyo namanya.
pertanyaan saya sama dengan pak tomo , tentang pengaruh bonggol bawah dan entress ..
kata beliau tetap pengaruh paling besar di bawa oleh bonggol bawah ..
karena dari bonggol bawahlah yang meresap dan mengolah makanan di adenium..
sedangkan entress cuma sebagai jembatan penghubung makanan untuk di olah daun …
(ilmihanya mungkin ada yang bisa menjelaskan)

kalau menurut saya penyiraman zat2 tertentu lebih cenderung bersifat sementara aja pak …
gak tau kalau penyiraman di lakukan continue sampai jadi indukan ?? apakah hasil bibitannya akan seperti indukannya .

untuk mutasi virus / radiasi ..(please deh para pakar turun gunung dunk, pada bertapa semua kayaknya :p)

salam
anas

Erlangga Djumena erlangga@kompas.com

Sori tidak menjawab mas Tom.. justru memperkeruh hihihi
Apakah ini termasuk mitos juga?
Saya punya thai spider, waktu beli daunnya varigata, suatu ketika karena terkena spidermites, daunnya saya prunning abis.. trus dipanaskan diatas atap garasi, singkat kata daun kembali melebat,tp tidak ada varigatanya alias thai spider biasa (pic var), nah brbrp waktu lalu poon ditiriskan (diteduhkan maksudnya hehehe), eh daunnya mulai ada yg bervarigata lagi (pic var1)…
mitosnya: krn diteduhkan maka varigatanya kembali timbul?? (saya pernah baca justru varigata katanya akan makin timbul justru kalo poon dipanaskan?)
atau karakter varigata tiap poon emang beda2 ya?

nambah mitos lg ah…
petal dalam doxon mekar sempurna, saat ciledug diterpa panas. i mean really2 hot dalam 2 minggu terakhir..???😀 ataukah krn ini masa berbunga yg kedua kali??
mitosnya : poon graft, saat berbunga pertama katanya tdk memperlihatkan karakter aslinya, baru next bluming poon keluarkan sifat aslinya, misalnya doxon mekar pertama petal dalamnya ngga sempurna/petalnya ngga double,next bluming petal dlmnya sempurna/double petal)
mohon pencerahannya…😀
sori poto2nya katrok kalo dibandingin dg Mas Kajo mah….😛

angga
keepnggowesmang
nyoba HP doxiexdoxiexfadia.. jadi ngga ya?😛

Hendry Terok hendryt@nhm.co.id

Bro Angga,
Thai spider-nya kok membentuk crest seperti kristata?
Cheers
hendry

Erlangga Djumena erlangga@kompas.com

yups betul Mas Hendry itu kristata..😀
kristatanya ada di dua cabang.. cuman kristatanya cuma segede gitu dua2nya.. pengen lebih gepeng lagi…hihihii

keepnggowesmang
angga

Hendry Terok hendryt@nhm.co.id

Bro, Kalo jepitan jemuran kurang kuat, mungkin bisa coba tang…he..he
Cheers
Hendry

fauzi salman fauzi76@gmail.com

Om Angga,
Doxon saya lgsg double petal kok waktu pertama blooming. Jadi rada
ruet nih analisanya, hehe…
Apakah mungkin pengaruh pemupukan juga ya?
Tolong dong sesepuh bunga pada kasih pencarahan, kita masih pada
katrok bin ndeso nih :)) wekekekek…

jabat erat,
fauzi – blm bisa nyilang apa2

Sony Wicaksono caksony.w@gmail.com

Dear All..
Sama ang, graft ku Thai Spider pesenan mas andre “pamulang” juga gitu, setelah di graft kok enggak varigata? Padahal bekas pruning batang untuk graft keluar daun langsung varigata, malah punya mas andre abang royo2 enggak ada totol putih blas..!!!
Pengaruh apakah ini..???
Dulu saya kira karena Bio Sugih, dan hasil graft milik mas andre (yg belum sempat kekirim ) sy semprot biosugih malah kok yo sueger2

Sony Wicaksono
“tambah ngelu yo ben…”

Bambang Djatmiko djatmiko@e-kgs.com

Kalo dari pengamatan mataku yang memang kurang awas (bukan kurang waras lho)
First bloom setelah grafting paling banyak berpengaruh ke ukuran bunganya.
Jadi cilik-cilik bunganya (susah pula diHP).
Mekar kedua kalinya baru lebih besar ukuran bunganya..
salam

Bambang Djatmiko

Tharie Wie althari_td@yahoo.com

Benarkah bunga dapat bermutasi karena Pengaruh bonggol bawah, Penyiraman zat2 tertentu (semacam kunyit), Radiasi, dan Virus hanya merupakan suatu MITOS adanya ?

WIKIPEDIA (http://en.wikipedia.org/wiki/mutation) :
In biology mutations are changes to the base pair sequence of genetic material (either DNA or RNA). Mutations can be caused by copying errors in the genetic material during cell division and by exposure to ultra violet or ionizing radiation, chemical mutagen, or viruses, or can occur deliberately under cellular control during processes such as meiosis or hypermutation.

Bila MITOS memenuhi kriteria definisi tersebut di atas, tentunya bukan mitos lagi.
MUTASI = PERUBAHAN STRUKTUR GEN. Tanpa ada perubahan struktur gen, bukan mutasi. Radiasi, virus, zat kimia tertentu, dikenal sebagai agen mutasi (=mutagen). Bonggol bawah dan Kunyit ? BUKAN penyebab mutasi (catatan : sebatas pengetahuan saya sampai saat ini, tentunya). Bonggol bawah hanya sebatas penopang tegaknya entres dan penghubung aliran nutrisi yang berasal dari dalam tanah ke entres. Tanaman bersifat “totipoten”, tiap sel punya informasi genetik lengkap.
Apakah transfusi darah “bangsawan” otomotis mengubah kita jadi bangsawan ? Apakah kalau makan roti + keju tiap hari, kelak dikemudian hari membuat kita + keturunan kita lantas bermata biru ?. Apakah mangga “gedhong gincu” yang digraft pada mangga kampung berubah kualitasnya ?.

Mutan umumnya bersifat ‘resesif’, karena itu pengenaan mutagen hasilnya tidak serta merta terlihat pada tanaman yang dikenai perlakuan, pada saat itu juga. Mutasi baru terlihat pada anak turunnya.
Berikut beberapa seedling yang dikenai sinar gamma yang ada di Mino (makasih pak Kunto). Apakah terlihat ada mutasi terjadi ? Baru diketahui beberapa generasi setelahnya, terpaksa harus sabar nunggu.

Tharie Wie
http://www.omahijo.com

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. apa sih penyebab mutasi itu>??????????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: