Mitos 1: Banyu Leri & Grafting di Musim Hujan

November 26, 2007 at 6:17 pm | Posted in Mitos2 dalam Berkebun | 1 Comment

Mitos 1: Banyu Leri & Grafting di Musim Hujan (1)

Sulastama Raharja [sr4harj4@yahoo.com]

Sebenarnya adenium itu butuh unsur N yang banyak atau karbohidrat yang banyak sih biar gemuk2?
Soale di milis yang lain saya pernah baca, kalau adenium di siram dengan  bayu leri, air bekas cucian beras, maka adneiumnay akan gemuk-gemuk dan buahnya bernas? 

Satu lagi, boleh ndak sih sebenarnya grafting di musim hujan? Katanya garfting di musim hujan banyak gagal. Klau ndak boleh grafting di musim hujan, kasihan dunk tukang graftingnay jadi nganggur. 

Mohon pencerahannya 

salam,
tomo 

Fendi Salim [fsliem@yahoo.com] 

Adenium seperti tanaman lainnya… butuh segala jenis unsur, tidak hanya N. 

Grafting di musim hujan memang lebih banyak gagalnya… karena kondisi udara yang lebih lembab menyebabkan entres yang disambung cepat membusuk. 

salam, 
fendi, Sunter  

Sutan [polyhos241@gmail.com] 

Mas Fendi & Wak Tom..msm ujan taun lalu dr beberapa graftingan hanya 1-2 aja yg jadi..dgn kondisi abis graft..sungkup..taruh tmpt teduh..dan tunggu..hasilnya sungguh memalukan..lbh byk yg bonyok..hehe.Tp pas mau balik sby kmrn sy coba lg..krn pas di bekasi sering ujan..bedanya abis disungkup trus masukin omahplastik..kl ujan ndak keujanan..kl panas tetep kepanasan..eeeh kabar trakhir pagi td dr kang kebon kl dr 14 graftingan yg bonyok 2….Alhamdulillah ada kemajuan:D..tp kok kebetulan yg gagal 2 itu yg flatgraft ya..mengapakahhh??
Tengkyu

Wassallam 

SMRN
http://community.webshots.com/user/omahplastik 

Hermawan Andrianto [andrianto_h@yahoo.com] 

Mau Gemuk atau mau sehat Wak Tom ?  hue he3x….yg jelas Gemuk tetep olah raga ya,biar berotot kayak wak Son perlu di beri Aminofuel he3x

Aku kasih rendeman taikam+BS+NPK16:16:16+furadan+gula+vitsin ke seedling gemuk juga,lha taikam juga banyak N nya kan ? tapi kalau di kasih Urea atau pupuk Non organik N tinggi kok lebih sering modyarnya ya….gak tau kenapa …

Air cucian beras mengandung B1 ,B1 merangsang akar , akar banyak supply makanan ke daun jd lebih sering dan lancar , kalau lancar nggak macet biasanya makanan langsung di masak , abis masak2 bagi2 ke daun dan ke seedpod Kalau grating di musim hujan ndak masalah kang,yg penting di tetesi dgn lilin dan di sungkup,justru tingkat kegagalan rendah asalkan tidak kebocoran air hujan dan angin ributGrafting di musim panas malah entresnya yg sering cepat kering ….nah lho tambah bingung dehTukang grafting kalo nganggur paling nyabutin rumput di pot kang …hue he3x

Salam

A.H 

Erlangga [erlangga@kompas.co.id] 

Btw kang Andri.. fungsinya vetsin ama gula apaan?
ngga sekalian pake garam..tambah aja daun singkong.. kasi ke Wak Sut.. pasti abis tuh..:)) 

sekarang mah amat sangat jarang pake urea.. kayanya yg dulu2 busuk teh gara2 kebanyak urea….. hihihihi maklum pemula trussss  btw kalo aku sih sama aja,mau grafting musim ujan.. ato musim panas…. grafting 10 eh yg busuk 11 wakakakaka
e
h yg ditetesi lilin yg apanya ndre?? 

angga

Hermawan Andrianto [andrianto_h@yahoo.com] Vetsin+gula itu untuk maemnya bakteri Ang ,krn aku kan bikin rendeman taikam pakai BS (biosugih) atau pun bisa juga pakai EM4 ,jd bakterinya lebih buanyakkkk dan bisa boster ke adeniumnya.Besok mau coba bikin compost tea ,juga menggunakan bakteri juga …..ktnya bagus utk memerangi jamur dan bakteri yg merugikan di media….jd nggak perlu pakai fungisida dan bakterisida yg bukan organik lahYg di tetesi lilin itu sambungannya kalo Vgraft /flat graft di bagian atasnya/potongan

Salam

A.H 

bersambung ke Mitos 1: Banyu Leri & Grafting di Musim Hujan (2)

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. mas fendi, sy jg begitu coba grafting pas musim hjn hasilnya lumayan banyak yang busuk. cuma dua batang aja yang berhasil. maklum saya jg pemula … he …he…he…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: