Sarasehan Surabaya National Expo 2007

November 14, 2007 at 7:21 pm | Posted in reportase | Leave a comment

Sarasehan Surabaya National Expo 2007
oleh  Reshita N.ahmad r_ambarsekar@yahoo.com

Rekans.. 

Beberapa kali saya di sms mas Tomo mengingatkan tuk memposting “oleh-oleh” dari Surabaya.  

Omtet berkali2 juga sms dan chat menanyakan hasil dolan saya tersebut.. 

Untuk memenuhi keinginan sahabat2 saya yang baik hati tersebut, dengan kemampuan seadanya yg sy miliki, sy coba report ke teman2.. 

Ini dia.. Dua minngu lalu, sy dpt undangan dr omtet yang akan punya  “gawe” di Surabaya. Kebetulan kok ada lampu ijo terang benderang dari bapaknya Daffa untuk berangkat, dan kebetulan pula ada  bodyguard yang bersedia mengantar… Syukuuur deh.. akhirnya dengan semangat Bung Tomo 10 November, saya berangkat juga deeh..  

Dari Jogja 7.30, nyampe Sta Gubeng 12.30, “ berkuah” juga deh sampe di Sby. Ga tahaaaan panasnya Surabaya. Naik Taxi ke Simo, mandi2 dulu aah,  biar wangiii  

Habis Maghrib, dijemput OmTet n TeTet (elik men ta? Bu Tetra, maksudnye.. mama e Shasha…hihihi) Kami menuju Kediaman Omtet di Driyo. Masih Surabaya juga.. Sby coret.. ( upss sorry om..hihihi) perjalanan setengah ngebut, lha wong si om juga udah di telpun2 sama temen2 yang ad di pameran.. 

sarasehan
Sarasehan (klick 2 enlarge)

Beres-beres sebentar, malemnya, kami ke pameran. Letaknya di parkir timur Surabaya Plaza.  Waktu nyampe, sarasehan udah dimulai sampe pada sesi tanya jawab. Beberapa yang sempat saya catat adl sbb: 

Charant
Mr Charant and Mr Woraphan (klick 2 enlarge)

1. Ada banyak BK yang beredar di pasaran, baik berupa seeds mapun cutting. Namun ada keraguan para pebisnis,  apakah yang beredar tersebut benar-benar original BK atau bukan. 

Menjawab pertanyaan ini, Mr. Charant (atau Jaral?) menyapaikan bahwa beliaulah yang memiliki mother plant (indukan), tidak pernah menjual baik seeds maupun cutting. Beliau hanya menjual pada satu orang/ partner yang beliau percaya. Tidak kepada yang lainnya.Kebetulan partner yang beliau percaya tersebut berasal dari Indonesia. Itupun yang beliau jual berupa seedling. Tidak pernah menjual seeds maupun cutting nya.  

Apakah berarti bahwa BK yang berasal bukan dari Mr. Charant adalah tidak original (palsu) ?
Menanggapi hal tersebut, Mr. Charant menolak untuk berkomentar (asli atau palsu). Beliau hanya mau berkomentar hal-hal yang berhubungan dengan dirinya.  

Belum puas dengan jawaban tersebut, penanya menanyakan adakah kemungkinan Mr.Charant pernah menjual atau memberikan cikal bakal BK miliknya pada pedagang di Thailand, yang kemudian juga “sampai” ke tangan pedagang di Indonesia,  

Menanggapi pertanyaan tersebut, Mr. Charant menyampaikan bahwa di Thailand beliau adalah anggota Asosiasi (mungkin asosiasi per adenium an ya? CMIIW) dan dalam asosiasi tersebut, Mr. Charant pernah membagi-bagikan seeds pada sesama anggota asosiasi. Jadi tetap menjadi tanda tanya yang besar, dan tidak dapat menjamin BK yang beredar di pasaran saat ini ori or not. 

Untuk mengetahui keasliannya, Mr. Charant bisa mengenalinya sejak baby BK tersebut berumur 2-3 bulan..  

2.      Penanya selanjutnya nampaknya penasaran, Mother Plant yang dimiliki oleh Mr. Charant berasal dari biji atau cutting. 
Mr. Charant mengatakan, bahwa indukan BK yang dimilikinya berasal dari biji, yang telah berumur lebih dari 20th.. Biji tersebut beliau bawa dari Saudi Arabia 

3.  Selanjutnya, ada penanya yang membawa koleksi BK nya, dan meminta Mr. Charant untuk mengenali, apakah BK yang dimilikinya ori BK or not. Setelah melihat, meraba, dan menerawangnya (iih.. kayak uang ajah..).. beliau menolah berkomentar tentang keasliannya.. Nah lo….  

ori or not ori
ori or not ori (klick 2 enlarge)

4.  Ada juga yang menanyakan mengenai Black RCN
Menurut Mr. Charant, Black RCN  adalah hasil persilangan antara RCN dan Black Knight 

5.  Di sesi sebelumnya, sepertinya Mr. Charant menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan penjurian contest. Mohon OmTet melengkapi tulisan ini, karena saya pun terlewat. Sumangga.. 

6. Apalagi yaaaa/
Mohon maaf, hanya itu yang mampu saya catat, mengingat keterbatasan saya dalam bahasa Thai ( cieee gaya ya? )

Foto Bersama
Foto Bersama (klick 2 enlarge)

Sarasehan kemudian ditutup dengan foto bersama dan salam-salaman. Trus saya juga berkesempatan tour de adenium contest, didampingi touring guide yang baik hati (sapa tuuuh?) Selanjutnya, kami meluncur ke café yang ada di Surabaya Plaza Hotel untuk menemani Mr. Charant, Mr. Woraphan serta rombongan makan malam.. segelas hot lemon tea rasanya nikmaaaat banget… hmmm.. srupt..sruupt…   Setelahnya, kami pulang ke Driyo..biarlah yang nyupir ya nyupir ajah.. saya ma gag tau lewat mana.. lha tertidur di jok belakang.. tau2 udah nyampe surabaya coret… tralala..  Paginya..Kami bersiap “menyang kutha”. Lalu, kami berpisah di pasar Blawuran. Biasaaaa Ibu2 ada janjian mau shopping dulu  *twiwing* …  

Blegere
Blegere OM Tet (klick 2 enlarge)

Mohon maaf untuk wak sut, mbak ermi dan rekans semua yang gag sempat saya sowan i, karena terbatasnya waktu, sementara the bodyguard juga ada janjian nengok bakul2 di Blawuran hihihi Seninnya…Jam setengah 1 siang, saya dan the Bodyguard di jemput omtet dan si cantik Shasha (calon mantu..wekekekekk), menuju stasiun Gubeng. Dan tepat 14.30, kami pun meninggalkan kota pahlawan.. bye..bye.. ce yu nex taim… 

Di kereta yang duingiiiine puool (pasti ini bukan surabaya, kentara gag panas!!), 3 roti, 1 nasi goreng telur mata sapi + 2 telur mata sapi ½ matang tambahan + 1 bungkus pecel madiun serasa gag nendaaang… aduuuh isin aku… laper pa doyan?  

20.15, nyampeee deeh di jogja…
“ Bundaaaaa…” Hmmm.. itu pasti suara my Daff..
Hi Hun.., miss u so much..” 
The End 

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: