Menyilangkan arabicum dan obesum (bag 2)

November 7, 2007 at 2:42 am | Posted in Diskusi | Leave a comment

Tharie Wie althari_td@yahoo.com 

Pak Doktor itu saya pikir orangnya kadang agak gimana gitoh. …. Bang Zai pasti membaca juga alasan dia, kenapa tidak menampilkan bunga tumpuk sebagai contoh variasi bunga di site nya. ……..  which I simply don’t like….. tidak suka atau malu karena keduluan  ……. He he he he. Balik ke arabicum x obesum. Saya pernah baca, ada beberapa penyebab gagalnya silangan model-mode interspecific, intergenerik dst, dst adalah masalah di jumlah kromosome yang tidak sama, andai kata pun sama ternyata masih ada masalah di kromosom homolog-nya, dan atau kromosom yang non homolog tidak berpasangan (CMIW).  

Tapi bukankah rekombinasi antar jenis merupakan wahana evolusi ? Alam memberi peluang terjadinya perkawinan beda jenis melalui mekanisme introgresi dan poliploidi Tentu saya setuju banget dengan bang Zai : “Jadi arab kita masih ada chance bisa disilang dengan obesum”. Kalau kita tidak percaya hal ini, sama juga kita tidak percaya dengan teori evolusi.

 Kira-kira yang terjadi di Thai dengan TS, RCN, PNW, BG, BK mungkin seperti ini :Entah siapa yang mulai mencoba mengawinkan arabicum dengan obesum, somalense, dll, dll (mereka 20 tahun lebih dulu dibanding kita). Dari ribuan yang gagal, eeeeeee ada  F1 yang dihasilkan. Awalnya  mungkin hanya dihasilkan beberapa biji yang terbentuk sempurna. Dari sedikit biji itu, masih beruntung ada yang fertil (biasanya perkawinan antar jenis hasilnya infertil).

F1 fertil kemudian di back cross dengan salah satu induknya, eee …. ada yang berhasil, dan malah jumlah gamet fertil bertambah. Gamet ini akan menambah proporsi kromosom salah satu induknya dengan perbaikan dalam perpasangan dan pergerakan. Demikian seterusnya sampai ada TS, RCN, BG, dll, dll. 

 Botanica Garden dan Watu Putih membuktikan, bahwa diantara selfing Thai Soco, ada turunan yang dominan karakter RCN, arabicum, obesum, dan bahkan ‘plastik’ … nah lo !   Saya jadi ingat petuah Mr. Tan, dulu :  kunci sukses dalam plant breeding adalah masalah KESABARAN dalam menghadapi INEFISIENSI. – coba lagi dan coba lagi, ulangi dan ulangi. Pemulia tanaman itu layaknya seorang penjudi. Harus bisa mengabungkan intuisi dan pengetahuan untuk memperbaiki penyimpangan- penyimpangan hasil. Dan jangan lupa, faktor yang tak kalah penting, KEBERUNTUNGAN.   Kok jadi serius dan ngelantur ya ………. Please mohon dikoreksi, agar saya tidak ngelantur dan terlalu jauh dengan keyakinan saya yang salah ……..  

Tharie Wie
Bibir Om Zai barusan di sengat lebah 2000 ekor ya..  

Sulastama Raharja sr4harj4@yahoo. com
mBak Tharie dan rekans,
di dak rumah Turi juga ada satu adenium taiwan-an yang batal menjadi engkelan dan saat ini sedang ada tanduk. Menurut salakman bunga jantannya dari GC. Saya belum yakin apakah tanduknya benar-benar hasil persilangn atau karena selfing, soalnya ngembangi adenium di rumah Turi tidak dengan mematuhi kaidah2 ilmiah yang dulu sudah daijarkan Bang Zai ke saya. Mungkin yang sama-sama patut kita tunggu kemunculannya (dan sampai kebun kita tentunya), aryabima van sunter yang konon merupakan persilangan GC dan plastic.  salam,tomo

Zainuddin Siregar adeniuman@gmail.com  
Itu contoh expresi wajah pecinta adenium kalau dapat real socotranum segede kulkas mas…
 Btw.. bagaimana pengalaman mas menyilang arabicum dan varian2nya dengan obesum? Mbak Thari,Menarik juga bahasan opsrings dari Thai soco yang konon bermacam2 bentuk.. mbak Thari punya foto2 nya ? Wak tom termasuk yg punya banyak seedling TS ini.. bisa sumbang gambar.. salamzai

Tharie Wie althari_td@yahoo.com 
Mas Tomo,
Kebetulan disini ada pak Tetra dkk dari daerah timur, jagonya arabicum, plastic dll.
Saya juga malah ingin tanya tentang plastic di forum ini ;
1.     Apa ciri utama hingga dapat disebut plastic ?
2.     Benarkah adenium plastic itu ada lebih dari satu macam ?  
Kita tunggu si Aryabima, pasti menarik. Kenapa mas Fendy tidak kita ajak bergabung di sini sekalian ? Tharie Wie

www.omahijo. com

bersambung ke bag 3

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: