Menyilangkan arabicum dan obesum (bag 1)

November 7, 2007 at 2:28 am | Posted in Diskusi | Leave a comment

Sulastama Raharja sr4harj4@yahoo. com
Rekans,
 beberapa waktu lalu kalau ndak salah Mark Dimmits nulis kalau menyilangkan arabicum dan obesum adalah suatu yang mustahil…. nek gak salah lho… Tapi pas buka link ini, kok kayaknya dah ada arabicum X obesum yang dah berbunga, bahkan F2-nya yang dah berumur 4 tahun…..  http://www.tucsonca ctus.org/ Adenium/hybrids_ arabicum. html . 

salam,

tomo 

Tharie Wie althari_td@yahoo.com 
 
He . he .. he itu contoh yang dinamakan pembodohan calon pesaing.Memang ada yang sulit, tapi tidak semua sulit kok arabicum x obesum, vice versa.Tapi ini pendapat hobiis baru lho mas.  Bulan September 2007 dari tulisan mas Tomo di milis sebelah, saya coba menyilangkan arabicum dengan B52, Red Dusk, Paradiso, First Day, etc, etc ….. ( foto : arabingung ) dan berhasil sampai sekarang ndak rontok. Mudah-mudahan bisa jadi bakalan “breeding line” di masa mendatang. Arabicum rajin berbunga bercorak lagi. 

Thanks atas sambutan rekan-rekan di milis ini. Saya masih pengin banyak belajar kok , belajar dari rekans agar perawatan adenium di rumah makin efektip dan efisien. Pokoknya cari cara termudah, termurah dan termeriah ……Dan agar lebih akrab, saya lampirkan gambar diri  , biar nggak cuma kenal lewat tulisan tapi juga wajah, eh… jangan-jangan pernah ketemu di pasar malah sudah serempetan nabrak sisan lha kok..  nggak ngeeh juga.. Mas Fauzi, jangan hijrah ke milis lain lho karena saya pamer foto.Kalau diperbolehkan Boss Moderator, saya juga ingin melihat wajah teman-teman juga. Salam 

Tharie Wie

Zainuddin Siregar adeniuman@gmail.com  
Masih satu genus harusnya kata “sulit” tidak diartikan mustahil/imposible.  Di dunia anggrek perkawinan antar genus bukan hal yang anehl..apalagi masih satu species. Tanaman lain ? Saat ini sudah ada yang berhasil menyilang alocasia dengan colocasia yang genusnya berbeda. Ada teman kita (di aglaonema) yang bercita2 nyilang aglaonema dengan dieffenbachia. . sayang nyilang sesama aglao juga ternyata tidak gampang tapi bukan tidak bisa.  

Hahaha.. pembodohan ya namanya mbak.. Kayaknya mbah Demit ada tambahan note kalau ga salah kira2 artinya  “paling tidak untuk spesimen arabicum koleksi saya” Saat itu dia gunakan arab berbunga merah.  Dan lagian lagi.. tuh mbah Demit baru nyoba “dozen” koq.. belum tus..ratus, bu..ribu, atau jut..juta.. harusnya kesimpulan “tidak bisa” belum layak. Jadi arab kita masih ada chance bisa disilang dengan obesum.  Horeeeee !!!!  

Lagian teman kita dah ada yg duluan nyilang.. sayang bahasan tentang itu ga berlanjut.  BTW… Mudah mudahan buahnya jadi mbak.. dan biji2nya tumbuh dan berkembang. Aku sudah pernah (beberapa kali) nyilangin arab dengan obesum.. dari yang beberapa kali itu dah ada titik terang : buah jadi namun sayang kemudian buah rontok. Artinya pembuahan mungkin terjadi. Pengen ulang2 lagi percobaan.. sayang bunga arabicum terbatas..speciment tertua malas berbunga.. Kalau berbunga lagi tak coba silang dengan obesum.  Gambar..  mudah2an ga dimarahin.. ini mbak..

salam kenal 

zai 

bersambung ke bag 2

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: