Bonggol Bengkoang

September 27, 2007 at 8:24 am | Posted in Tips & Trick | 3 Comments

Bonggol Bengkoang
oleh Henky Kurniawan henkykurniawan@pertamina.com

Multi Branches

Sekedar berbagi pengalaman…

  • Awalnya Adenium saya tanam dalam pot keramik.
  • Karena ukuran pot keramik terlalu kecil dan lubang pembuangan airnya hanya ada 1 pada bagian dasar yang saya anggap rawan terhadap bahaya busuk bonggol, akhirnya 2 bulan kemudian saya ganti ke pot plastik yang lebih besar.
  • Bonggol dipendam total, resikonya : tidak bisa dijadikan ajang cuci mata he..he..yang kelihatan cuma dahannya.
  • Biasanya media saya ganti tiap 6 bulan sekali (kalo sempat & ada waktu luang) atau paling lambat setahun sekali.
  • Setelah 10 bulan, saya lakukan program wajib berkala, yaitu : ganti media.
  • Sekarang potnya saya ganti lagi dalam ember cucian yang super besar…memang tidak sedap dipandang mata karena kegedean pot.

v      Pemupukan kimiawi tiap seminggu sekali, tiap sebulan sekali saya selingi dengan penyiraman pupuk organik EM-4.

v      Karena dalam asumsi saya, media butuh bantuan untuk memperbaiki struktur tanah yang mungkin terganggu akibat penyiraman pupuk kimia….tapi ngga tahu apakah asumsi saya benar atau salah….????

v      Media yang saya gunakan : Sekam Bakar – Kompos – Pasir Malang = 1:1:1

v      Itulah yang saya lakukan utk memperbesar bonggol adenium di rumah.

v      Media dan perlakuan yang saya terapkan adalah Bukan Yang Terbaik….silahkan disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Tak Ada Bonggol Yang Tak Retak

HENKY

Pre and Post

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. to baru keren aman n nyanam buat adenium kita

  3. Pengalaman yang bagus,memang benar rasanya kalau bonggol ditanam semua apa yang kita pamerin dan tentunya tidak sabar dalam waktu 6 bln-1 th.tp hasilnya ok kan


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

